Rabu, 10 Desember 2008

Contoh Iklan Public Relation Advertising 2

Starmild ‘Telanjangi’ Polisi

Pemandangan baru di berbagai kantor kesilupan Jogja. Saya kurang tau dengan keadaan di kota lain. Mungkin ada yang mau melaporkan kejadian serupa?

Neon box besar, berwarna dasar kuning dengan tulisan hitam Arial Black, tak lupa logo besar sebuah merek rokok. Ehm… lebih tepatnya, sebuah iklan rokok yang di beri label nama kantor kesilupan. Rokok, iya rokok yang haram itu. Hehehe. Logo produk rokok yang besarnya melebihi nama kantor kesilupan yang dimaksud. Kalimat yang ada di neon box itu pun membuat geli :

OBSESI : SIAP MELAYANI MASYARAKAT

Owalah, jadi selama ini cuma obsesi doang, bos?

Seperti halnya iklan rokok atau deterjen pembersih yang memberi label warung kaki lima dan warung kelontong. Atau provider selular yang melabeli counter hengpon atau isi ulang elektrik. Strategi branding, namanya. Menariknya, yang sedang dibranding ini adalah kantor kesilupan. Di setiap pos silup penjaga lalu lintas pun demikian. Sebuah iklan rokok di tempat aparat pelayan publik, di kantor simbol pungli pelindung masyarakat.

Sekilas iklan berkedok branding ini tampak biasa. Ya, sama halnya seperti iklan yang lain. Tapi… (ada tapinya saudara-saudara) … Apa ya pantes, kantor polisi, dibranding semacam itu, iklan rokok pula? Oke , saya bukan bahas kenapa iklan rokok atau bukan. Tapi coba dilihat dari sisi yang lain, iklan ini justru menyindir dan menelanjangi aib para silup secara blak-blakan, di depan muka publik.

Iklan Starmild Menelanjangi Polisi

Neon box itu telah menelanjangi fakta bahwa para anggota silup selama ini hanya berobsesi untuk melayani masyarakat sebaik-baiknya. Seolah neonbox itu menyuarakan obsesi mereka yang sebenar-benarnya. Betul, cuma obsesi semata. Dan yang namanya obsesi sih, kesannya sih cenderung tidak pernah serius untuk dibuktikan. Kok pak silup oke-oke saja ya dipasangin iklan begitu?

Apa biaya untuk membuat plang polisi berupa neon box itu tidak bisa disisihkan dari kas hasil razia kendaraan yang dimiliki oleh kantor kesilupan? Terlepas dari apakah mereka tidak memiliki dana untuk membuat plang nama yang baik, apakah mereka tidak merasa bahwa iklan itu justru menyindir? Ah, mungkin ini bentuk instrospeksi diri mumpung menjelang Bulan Ramadhan.

Saya justru mau berterima kasih kepada StarMild yang sudah ‘menelanjangi’ kesilupan Indonesia secara nyata. Tanpa adanya iklan kalian yang ukurannya maha besar itu, tidak akan ada yang berani mengolok-olok pak silup di depan publik seperti kalian. :mrgreen:

Sebagai catatan, neon box yang dipasang di kantor silup lalu lintas Bulaksumur dekat universitas tercinta telah dicopot,merasa tersinggung kah? Bagaimana dengan nasib neonbox yang lain?

96 Responses to "Iklan Starmild ‘Telanjangi’ Polisi"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar